Cara Mengatasi Bosan Saat mudik Perjalanan Liburan

Disaat musim Liburan idul fitri atau liburan panjang akhir tahun pasti banyak warga perkotaan atau warga yang biasa dengan pekerjaan dan keseharian mereka yang sibuk untuk melakun kegiatan yang bisa mengatasi jenuh yakni mudik ke desa atau liburan ke rumah saudara di desa. Namun jika waktu berangkat liburan tidak tepat atau disaat musimnya mudik dan liburan perjalanan anda akan terasa membosankan jika terjadi macet. Bagaimana cara mengatasi rasa bosan pada saat perjalanan liburan idul fitri atau liburan sekolah akhir tahun ? berikut cara mengatasinya :

– Berganti dan Mengatur Tempat Duduk

Sebelum mudik liburan ke desa, hendaknya kita menyiapkan segala sesuatu agar disaat melakukan perjalanan, kita akan terhindar dari rasa bosan. Salah satu hal yang mengatasi bosan adalah dengan berganti tempat duduk di mobil, disaat sebelum bernagkat sebaiknya kita membuat kesepakatan bersama keluarga untuk berganti tempat duduk di saat istirahat di rest area. Kita juga bisa mengatur posisi tempat duduk yang akan kita tempati, hal ini bertujuan untuk mengatasi rasa capek dan bosan karena menempati satu tempat saat melakukan perjalanan jauh. Selain itu anda bisa mengisi waktu dengan membaca sambil bersandar di tempat duduk.

– Pasang Pemutar Video atau TV di Mobil

Di zaman tekhnologi yang canggih ini, kita bisa memanfaatkannya dengan memasang pemutar video atau TV mini di setiap belakang sandaran tempat duduk mobil, hal ini bertujuan agar menghilangkan rasa bosan saat perjalanan, selain itu anda juga bisa melihat video atau film seru bersama keluarga anda saat sedang di mobil. Atau bisa juga dengan melakukan game – game seru di dalam mobil dan melihat film tentang motivasi agar di saat perjalanan kita juga mendapoat tambahan ilmu sekeluarga.

– Buat Jurnal atau Catatan Perjalanan

Untuk mengatasi rasa bosan selanjutnya adalah dengan membuat jurnal atau catatan perjalanan saat liburan, baik saat akan berangkat liburan atau mudik, saat mudik, sesudah sampai di desa, hingga pulang mudik pun kita sebaiknya membuat jurnal atau catatan perjalanan. Tujuannya agar sekeluarga mempunyai kenang – kenaangan, jurnal bisa dibuat dari kumpulan foto – foto saat sebelum hingga selesai mudik, bisa juga dengan mencatat agenda kegiatan saat liburan di desa. Semua tergantung pasa selera masing – masing.

– Singgah di Tempat – Tempat Indah

Selanjutnya yang bisa kita lakukan agar tidak bosan di saat perjalanan adalah dengan singgah di tempat – tempat yang indah saat di perjalanan, baik anda yang sedang akan menuju desa ataupun menuju tempat liburan, sempatkan beristirahat sejenak sambil menikmati udara segar khas pedesaan semisal kita singgah saat kita mudik ke desa. Kita juga bisa memikmati pesona jalur pinggir pantai yang menyuguhkan pemandangan yang indah semisal saat matahari terbenam atau sunset.

– Selfie atau Berfoto Seru Bersama

Kegiatan yang satu ini biasanya selalu dilakukan anggota keluarga saat mudik liburan. Yakni dengan ber-selfie bersama saat di mobil ataupun saat singgah di tempat tempat yang indah. Hal ini yang membuat liburan kita akan terasa lebih lengkap dengan adanya moment – moment perjalanan, jadi walaupun menempuh perjalanan yang lumayan jauh. Kebosanan pun akan menjadi hilang dengan melakuakn selfie bersama.

Kegiatan – kegiatan di atas merupakan beberapa cara untuk mengatasi rasa bosan saat perjalanan mudik jauh ataupun liburan yang jauh. Semua tergantung pada bagaimana kita menikmati perjalanan, anda juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya yang bisa mengatasi rasa bosan anda saat perjalanan. Dan tak lupa saya mengingatkan tetaplah berdoa sebelum berangkat dan ibadah tepat pada waktunya. Selamat berlibur panjang kawan sekalian…