Museum Angkut Batu

Museum Angkut merupakan museum yang pertama kali di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Museum ini dibuka pada tanggal 9 Maret 2014, berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Batu. Museum ini buka pukul 12.00 – 20.00. Museum ini dibangun dengan tujuan sebagai bentuk apresasi atas perkembangan transportasi di nusantara & dunia. Museum ini berkonsep wisata edukasi  yang memiliki sekitar 525 jenis alat transportasi dari yang tradisional sampai modern. Selain wisata edukasi disana juga bisa menjadi salah satu spot selfie bagi pengunjung yang hobinya berfoto, berbagai landmark buatan yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto yang cukup menarik. Museum Angkut ini biasanya juga dipergunakan sebagai tempat pameran, event komunitas, kompetisi modifikasi mobil atau motor, sampai foto prewedding atau video klip.

Museum Angkut berdiri diatas tanah seluas 3,7 hektar, yang dibagi menjadi beberapa zona dengan tema yang berbeda-beda & berisi ornamen bangunan atau landmark sesuai dengan zonanya. Terdiri dari Zona Hollywood, Zona Jepang, Zona Eropa, Zona Gangster & Broadway, Zona Las Vegas, Zona Kelapa & Batavia. Berikut sedikit ulasan zona-zona yang ada didalam Museum Angkut :

 

1. Zona Utama

Area pertama yang dikunjungi setelah pintu masuk, terdapat macam-macam transportasi dari berbagai zaman & asalnya.

2. Zona Edukasi

Area kedua, terdapat macam-macam trasportasi dari masa ke masa mulai transportasi tradisional sampai modern yang ada di Indonesia maupun yang ada diberbagai negara di dunia dengan metode pembelajaran yang menyenangkan

3. Zona Sunda Kelapa & Batavia

Area ketiga, terdapat berbagai macam transportasi pada zaman Belanda. Disana juga terdapat replika pelabuhan sunda kelapa beserta miniatur kapal yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya, ada juga pembelajaran tentang sejarah perkembangan sunda kelapa & batavia yang tak lepas dari pemerintahan Hindia-Belanda.

4.  Zona Jepang

Area keempat, terdapat berbagai koleksi transportasi made in pabrik jepang seperti Honda, Suzuki, Kawasaki. Dan Jepang merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai negara terbaik di dunia dalam perkembangan teknologi.

5. Zona Eropa

Area kelima, terdapat koleksi transportasi dari Benua Eropa mulai dari negara Inngris, Perancis, Jerman, Itali. Tak hanya itu saja di area negara Inngris terdapat mobil kuno yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II, & bisa juga foto bersama patung Ratu Elizabeth yang sedang duduk di singgahsananya. Disana juga terdapat taman bunga yang indah berada didepan replika Buckingham Palace untuk spot selfie atau sekedar bermain. Adalagi di Area Jerman, Perancis, Itali juga gak kalah menarik karena adanya landmark yang khas sesuai dengan negara tersebut seperti Menara Eifel, Menara Pisa, Tembok Berlin, suasana jalanan dengan adanya resto & factory outlet yang dibuat semirip mungkin dengan suasana disana.

6. Zona Gangster & Broadway

Area kenam, di Zona ini pengunjung akan menelusuri jalanan gangster & Broadway yang terkenal pada tahun 1970an. Dengan didesain semirip mungkin dengan keadaan jalanan pada saat itu, pengunjung bisa merasakan bagaimana menjadi Al Capone, seorang gangster terbesar di zamannya.

 

 

 

 

7. Zona Hollywood

Area ketujuh, di Zona Hollywood menampilkan berbagai transportasi yang ada di film-film hollywood seperti Batmobile, mobil Scooby Doo. Ada sesuatu  yang cukup menyita perhatian pengunjung yaitu adanya patung Hulk dengan warna khasnya hijau & terbuat dari onderdil mobil bekas. Tak hanya itu disana juga terdapat replika bukit Hollywood yang begitu terkenal disana loh.

 

Ada 2 wahana wisata lagi yang bisa dinikmati di Museum Angkut loh…

 

  1. Museum D’Topeng

Museum ini berada dikawasan Museum Angkut. Museum ini berisi berbagai macam topeng yang berasal dari penjuru nusantara, ada juga kerajinan keramik, wayang, & juga ada sebuah Al Quran kuno yang terbuat dari kulit binatang

 

  1. Pasar Apung

Namanya juga pasar pasti identik dengan penjual makanan atau minuman. Pasar ini didesain mirip pasar yang ada di Kalimantan loh, dimana penjual makanan disana menggunakan perahu apung untuk menjual makanan & minumannya. Pengunjung juga bisa loh merasakan naik perahu apungnya.