Tips Rafting Bagi Pemula

Kali ini saya akan memberikan tips yang mengenai rafting untuk pemula dan sangat perlu mengetahui tips ini sebelum mencoba rafting pertama kali di Jawa Timur. Tips rafting untuk pemula pada kali ini yang akan saya berikan akan sangat efektif bila anda terapkan, jika anda mengikuti aktivitas rafting di Jawa Timur. Untuk  arung jeram di daerah luar Jawa Timur, saya kurang mengetahui apakah tips rafting ini untuk pemula akan efektif atau tidak. Karena perbedaan arus sungai, kondisi sekitar sungai, dan keamanan. Berikut tips rafting bagi pertama kalinya.

Aktivitas Rafting Di Jawa Timur

Rafting di Jawa Timur ini sudah menjadi favorit bagi orang yang sangat menyukai olahraga air dan sering mengulang untuk mencoba lagi. Wisatawan yang melakukan aktivitas rafting ini kebanyakan adalah wisatawan lokal, lalu bagaimana dengan wisatawan mancanegara? Setiap tahun peserta rafting dari wisatawan mancanegara yang ada di Jawa Timur selalu mengalami peningkatan.

Lalu banyak orang yang ragu untuk melakukan aktivitas rafting yang ada di Jawa Timur ini, karena kebanyakan merasa tidak dapat berenang atau takut akan terbawa arus sungai yang deras. Lalu sering muncul pertanyaan, apakah harus bisa berenang untuk mengikuti aktivitas rafting di Jawa Timur? Dan jawabannya adalah “tidak harus dapat berenang untuk mengikuti aktivitas rafting di Jawa Timur.” Tapi kebanyataan yang ada di lapangan, banyak peserta rafting atau arung jeram ini yang tidak dapat berenang namun tetap antusias mengikuti dalam olahraga air ini itu baik muda hingga tua.

Dan tentunya resiko dari rafting atau arung jeram ini masih tetap ada, seperti layaknya resiko mengendarai mobil atau sepeda motor di jalan raya. Namun jika anda hanya memikirkan resiko dari rafting atau arung jeram, tentunya tidak akan ada habisnya dan tidak akan pernah menikmati serunya aktivitas ini.

1. Pilih Sungai Di Jawa Timur Sesuai Kriteria Anda

Ada 4 sungai yang dapat untuk melakukan aktivitas arung jeram atau rafting di Jawa Timur, sungai – sungai tersebut antara lain :

  • Sungai Pacet Mojokerto
  • Sungai Pekalen Atas atau Bawah Probolinggo
  • Sungai Kaliwatu Batu
  • Sungai Kasembon Malang

Dari keempat sungai – sungai di atas yang bisa untuk arung jeram atau rafting, ada salah satu sungai menjadi primadona para wisatawan tempat rafting di Jawa Timur, yaitu Sungai Pekalen. Mengapa banyak yang suka dengan Sungai Pekalen? Karena arusnya deras, lancar, bersih, pemandangannya indah, dan masih tergolong aman.

2. Operator Rafting Terbaik Untuk Pemula

Selain pilihan sungai tempat arung jeram atau rafting di Jawa Timur, ada juga pilihan operator penyedia rafting. Di masing – masing sungai atau penyedia rafting terdapat pilihan operator, dari harga yang murah hingga harga yang paling mahal. Karena jika anda adalah seorang pemula dalam aktivitas olahraga air ini, maka saya yakin prioritas utama anda adalah rasa aman dan nyaman saat melakukan rafting.

3. Kondisi Badan, Stamina, dan Kesehatan

Jika anda ingin melakukan aktivitas rafting, sebaiknya pastikan diri anda dalam keadaan yang sehat. Apabila sehari menjelang aktivitas rafting, anda mengalami kondisi kesehatan yang menurun, walaupun seperti demam atau pilek. Mohon segera batalkan rafting anda, jika tidak kondisi kesehatan anda bisa jauh lebih buruk. karena kesehatan adalah nomor 1 sebelum mengikuti rafting.

4. Menginformasikan Kepada Guide Bahwa Ada Yang Tidak Bisa Berenang

Walaupun anda tidak dapat berenang, tidak ada satu operator rafting di Jawa timur yang akan menolak anda untuk mengikuti aktivitas rafting. Karena memang peserta yang tidak bisa berenang, tidak menjadi kendala untuk mengikuti olahraga air ini. Dan jangan malu untuk meyampaikan kepada pemandu yang menemani anda saat rafting.

5. Perlengkapan

Gunakan pakaian yang tidak mudah menyerap air (seperti katun), pakai celana pendek, dan alas kaki jika memiliki pakai sepatu olahraga atau jika tidak punya pakai sanda gunung (bukan sandal jepit). Untuk safetynya pakai helm dan jaket pelampung. Untuk jaket pelampung pakai ukuran yang tidak terlalu longgar maupun ketat. Untuk perlengkapan safety sudah disediakan oleh pihak penyedia rafting.

6. Selalu Ikuti Instruksi Guide

Pertama guide akan menginstruksikan posisi duduk. Posisi duduk harus di pinggir dan di sesuaikan dengan berat badan. Lalu menginstruksikan untuk pemegang dayung, karena yang memegang dayung sangat memiliki peranan penting saat di air. Guide akan selalu memberitahukan aba – aba. Jika anda terjatuh dari perahu ke sungai, jangan panik. Karena anda sudah memakai jaket pelampung dan ada tim penyelamat serta guide.

Semoga tips dari saya tadi membantu anda bagi anda yang akan melakukan rafting pada pertama kalinya.