Wisata Danau Ranu Agung di Probolinggo, Jawa Timur

Jawa Timur, memang sebagai menjadi salah satu tanah tersubur dan menyimpan banyak keindahan alam yang tidak ada habis – habisnya. Jika kalian berlibur maka pastinya anda akan menyusun rencana / planning ingin pergi kemana? Tidak usah bingung, tempat wisata alam yang bisa kita kunjungi selain pantai, gunung,dan air terjun, danau bisa menjadi destinasi / tujuan anda jika anda bosan dengan kebisingan kota dan polusi kota. Danau sendiri menyimpan banyak kelebihan yakni mempunyai air segar dan hawa yang sejuk khas, karena biasanya memang wisata danau memang ada di sekitar pegunungan atau pedesaan yang jauh dari kebisingan kota. Nah, kali ini kita akan mengupas tentang danau yang berada di Jawa Timur, bukan danau Ranu Kumbolo Semeru atau Ranu Gumbolo Tulungagung, namun danau ini terletak di probolinggo tepatnya di Desa Ranu Agung, Kec Tiris, Kabupaten Probolinggo. Ya, danau Ranu Agung namanya. Berada dekat dengan wisata arung jeram Songa Adventure dan Berada di suasana khas pedesaan yang membuat hati dan fikiran kita menjadi tenang.

Asal Mula Danau Ranu Agung

Danau Ranu Agung sendiri berasal dari salah satu danau yang terbentuk dari aktivitas vulkanik dahulu, dan sekarang membentuk menjadi danau yang dahulunya adalah kawah.

Keunikan dan Keindahan Danau

Kali ini kita akan membahas tentang keunikan dari danau Ranu Agung, salah satu ciri khas nya adalah dinding batuan yang mempunyai panjang sekitar 70 M dan mirip sekilas sperti pohon beringin. Selain itu, untuk sampai ke dinding – dinding cantik berbentuk seperti batu tersebut, anda bisa menyewa perahu yang dibuat dari bambu berjajar – jajar yang juga disebut sebagai gethek. Danau ini juga biasanya digunakan hiburan sebagai para penduduk jika liburan telah tiba. Semakin lengkap dengan suasana alam disini yang cukup hijau dan asri. Disini juga disediakan fasilitas seperti tempat duduk untuk bersantai melihat indahnya Danau Ranu Agung.

Danau ini sangat cocok bagi anda yang berlibur bersama keluarga, orang tercinta, maupun saudara kita. Menghabiskan waktu untuk piknik, makan bersama, dan berfoto di pinggir danau serta background pepohonan di pinggirnya. Cuaca sejuk dan view yang bagus menemani liburan keluarga di danau.

Danau Ranu Segaran sendiri bila dilihat dari ketinggian mirip seperti bentuk daun pohon waru yang biasa disebut anak ABG bentuk Love.

 

Di Danau Ranu Agung selain sebagai tempat untuk wisata, tempat ini juga biasa digunakan untuk acara foto prewedding. Dengan backround danau dan alam hijau, membuat konsep foto menjadi lebih indah dan bagus hasilnya. Wisatawan yang foto prewedding sendiri tidak hanya berasal dari probolinggo, namun banyak juga yang berasal dari luar kota seperti Malang, Surabaya, Banyuwangi, Bahkan Jogja dan Jakarta sekalipun. Memang tempat yang indah ini menjadi salah satu terobosan untuk pariwisata probolinggo.

Tiket Masuk Danau Ranu Agung

Lah, untuk tiket masuk ke danau ini, anda cukup membayar Rp.3.000,- yang dikelola oleh masyarakat setempat, untuk harga sewa perau bambu / gethek, anda cukup membayar Rp 10.000,-/ orang tanpa batas waktu yang di tentukan.

Akses ke Danau

untuk sampai di danau ranu agung sendiri, anda harus menyiapkan mental anda, karena jalur yang akan anda lalui cukup sulit. Namun mobil atau sepeda motor sudah bisa sampai di lokasi ini. Jika anda pergi dari surabaya, anda ambil arah ke probolinggo kota, setelah sampai probolinggo kota ambil arah lurus ke kraksan, sebelum sampai kraksan ada pertigaan besar anda belok kanan dan mengikuti jalur ke Tiris, dan mellewati hutan – hutan seperti hutan sengon ditambah jalan yang menanjak. Kemudian Anda akan sampai di danau ranu agung, jalan disini agak rusak seperti makadam, tetapi tetap bisa dilewati hingga parkiran. Setelah sampai, anda harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak kecil menanjak hingga sampai ke Danau Ranu Agung. Setelah sampai, capek -capek anda akan terbayarkan dengan pemandangan indah khas Danau.