Wisata Desa Di Dalam Perkembangan Jaman

Kota Batu yang merupakan kota dengan administrasi yang masih muda di Jawa Timur sangat memperhatikan pariwisatanya. Kota yang baru berusia 16 tahun ini sudah membuat trobosan wisata salah satunya membuat wisata desa. Wisata desa ini dikelola oleh warga desa setempat, ada banyak wisata desa di kota ini. Kini kita akan sedikit mengulas tentang wisata desa yang ada di Kota Batu.

kampung Wisata Kungkuk

sumber: http://trainingmotivasidimalang.com

Kampung wisata kungkuk berada di dusun kungkuk, desa punten, kecamatan bumiaji, Kota Batu. Letaknya yang agak diketahui oleh masyarakat luas ini berada di kedua gunung yakni gunung panderman di sebelah barat dan gunung arjuno di sebelah utara. sekitar 6 km dari pusat kota Batu. Suasana alam di Kampung Wisata Kungkuk sangat alami dan eksotik. Wanawisata Kungkuk juga sangat cocok bagi penggemar outbond, camping,perkemahan, flying fox, olahraga gunung, sepeda gunung, mobil gunung, dan lain-lain. Bagi Anda yang suka berkebun atau bercocok tanam, tidak ada salahnya mencoba wisata sekolah alam yang ada di Kampung Wisata Kungkuk. Bahkan kita dapat menikmati segarnya buah jeruk, jambu, dan apel yang bisa dipetik langsung dari pohonnya. Menariknya, para pengunjung tidak hanya menikmati pemandangan serta hasil pertanian saja. Beberapa adat budaya dan ciri khas Desa Punten seperti atraksi Tari Santar, kuda lumping, dan bantengan siap menghibur wisatawan yang datang. Untuk bisa menikmati berbagai keindahan alam di Kampung Wisata Kungkuk ini kita cukup membayar Rp 65.000. Sedangkan untuk menikmati kegiatan lainnya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per pack.

kampung Wisata Goenung

terletak di Jalan Melati No. 9 Dusun Kapru, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu, Malang. Di sini, pengunjung bisa merasakan berwisata dengan nuansa pedesaan dan dikelilingi oleh gunung-gunung berjajar bak pagar yang begitu alami. Tak hanya panorama alam yang asri, Desa Wisata Kampoeng Goenoeng juga menyuguhkan sajian kuliner khas desa serta area adventure dan edukasi. Ada beberapa paket wisata adventure yang ditawarkan Desa Wisata Kampoeng Goenung. Antara lain camping, rafting, tubing, outbound, petik apel, petik sayur, petik mawar, dan perah susu sapi yang bisa dirasakan bersama keluarga, teman dan rekan kerja. Lelah melakukan berbagai aktifitas, Anda bisa mencicipi menu masakan ala desa yang disuguhkan sebagai menu cafeé dan resto Kampoeng Goenoeng. Di Resto Kampoeng Goenoeng yang buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB ini, pengunjung dapat menikmati beragam menu-menu masakan yang jarang sekali ditemukan di tempat lainnya. Di antaranya yaitu nasi barikan, sambal ikan dan sambal kentang yang selalu menjadi menu menggoda. Wisatawan bisa menyantap lezatnya kuliner tersebut dengan dipadu keeksotikan alam yang begitu alami. Selain makanan, ada juga menu minuman kopi gunung yang pastinya nikmat dan layak untuk dicoba. Silahkan untuk kamu yang belum pernah ke wisata goenung ini ke wisata ini karena dijamin keindahan desanya yang menawan dan keramahan warganya yang membuat kita betah di tempat ini.

Desa Arboretrum Sumber Brantas

Desa arboretrum sumber brantas ini berada di desa sumberbrantas kecamatan bumiaji kota batu. Desa arboretrum merupakan desa dengan ketersediaan tanaman langka yang ada di malang raya.

Letak dari desa arboretrum sumber brantas berada di lereng gunung anjasmoro dengan ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut dan suhu di desa ini berada di kisaran 10 – 20 derajat celcius, desa ini merupakan cikal bakal dari sungai brantas yang merupakan sungai terpanjang kedua setelah bengawan solo, aliran sungai ini dimanfaatkan pada desa di bawah desa sumber brantas sebagai sarana wisata rafting atau lebih dikenal sebagai nama kaliwatu rafting. Direncanakan di desa ini akan di tambah oleh sarana dan prasana dan dijadikan kampung wisata.